Cara Cek Shutter Count Kamera DSLR

Cara Cek Shutter Count Canon – Apa itu shutter canon? shutter count adalah total seberapa banyak Anda menggunakan atau menekan tombol shutter di kamera Anda yang dapat menghasilkan sebuah gambar.

Cara Cek Shutter Count Canon Menggunakan EXIF Viewer Online

EXIF Viewer adalah cara yang sangat mudah dan gampang sekali untuk digunakan pada pengguna awam atau teman-teman fotografi berikut adalah langkah-langkah menggunakan EXIF Viewer

1. Menggunakan EXIF Viewer Online

Dengan cara ini Anda bisa lebih mudah mengetahui berapa shutter count yang ada pada kamera, Anda tinggal mengupload foto sample dari kamera yang ingin Anda ketahui shutter count nya, dan program dengan otomatis akan menghitung berapa shutter count pada kamera Anda.

  • Buka website berikut DISINI
  • Klik choose file
  • Saat muncul dialog, pilih foto yang ada di komputer, lalu klik OK.
  • Lalu klik view image from file
  • Tunggu sebentar
  • Lalu muncul sederetan data EXIF
  • Untuk mengetahui shutter countnya, tarik bar ke bawah. Gunakan fitur search di browser Anda lalu search kata : shutter count
  • Jika disitu terlihat hasil shutter count nya adalah : 1,509, berarti Anda sudah pernah menekan tombol shutter sebanyak 1,509 kali saat mengambil sebuah gambar dari kamera.

2. Download EXIF Viewer

Untuk Anda yang ingin download exif viewer, Anda bisa mendownload program khusus lainnya yang kegunaanya sama untuk melihat data exif. beberapa diantaranya :

  • EOS Info, program ini bisa mengetahui shutter count kamera DSLR dengan sangat akurat dan hanya bisa bekerja di sistem operasi windows.
  • Opanda Exif Viewer, program ini juga bisa digunakan untuk melihat shutter count kamera DSLR ( hanya bisa digunakan untuk Windows).
  • Untuk Anda yang menggunakan Mac, Anda bisa mendownload iExifer lewat Mac App Store dengan harga ( Rp.30.000 ) atau untuk versi gratis nya Anda bisa menggunakan Simple Exif Viewer

Cara Cek Shutter Count Canon Menggunakan Canon EOS Camera Info

Canon EOS Camera Info aplikasi ini adalah aplikasi khusus yang di buat oleh Canon sendiri dan bisa kalian dapatkan secara gratis. Anda bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk mengetahui shutter count di kamera Anda.

  1. Download Canon EOS Camera Info DISINI
  2. Pastikan terlebih dahulu perangkat kamera Canon Anda dalam keadaan OFF/mati
  3. Sambungkan kamera Anda ke perangkat komputer dengan menggunanakn kabel USB
  4. Lalu nyalakan kamera anda
  5. Jika komputer Anda sudah terinstall EOS utility software tutup dahulu aplikasi tersebut , jika tidak muncul abaikan ini 🙂
  6. Jalankan aplikasi Canon EOS Camera Info 
  7. Tunggu sebentar sampai data SC ( shutter count ) kamera Anda muncul
  8. Setelah slesai melihat data SC, matikan kamera Anda, lalu klik OK jika muncul windows success.

Cara Mengetahui Shutter Count Kamera Nikon

bagaimana jika teman-teman ingin mengetahui shutter count di kamera Nikon ? untuk di kamera Nikon Anda bisa mengecek nya secara online melalui situs camerashuttercount.com, berikut admin jelaskan langkah-langkah nya :

  1. Masuk ke situs www.camerashuttercount.com terlebih dahulu atau klik DISINI
  2. Upload salah satu hasil foto anda ke situs tersebut menggunakan smartphone atau perangkat lain.
  3. Tunggu beberapa saat sampai muncul hasil seperti ini :

Cara Cek Shutter Count Menggunakan Smartphone Android

Mungkin cara ini adalah cara yang paling mudah dan praktis untuk mengecek shutter count menggunakan smartphone android.

Anda tinggal masuk ke google playstore yang ada di smartphone Anda lalu masukan keywordnya “Shutter Count“.

Jika tidak menemukan aplikasi nya di google playstore Anda bisa mendownload nya langsung DISINI

Manfaat Dari Mengetahui Shutter Count

Untuk apa kita harus tahu jumlah shutter count pada kamera ? Oke, berikut admin kasih tahu keuntungan kita mengetahui shutter count kamera dan bagaimana cara cek shutter count canon.

1. Umur Kamera

Jika kita mengetahui shutter count pada kamera yaitu pada saat Anda ingin membeli kamera second atau bekas. Harganya yang murah di banding yang baru, jika Anda tidak hati-hati dalam membeli kamera bekas Anda bisa mendapatkan kamera yang hampir mulai rusak atau sudah berumur.

namun dengan Anda mengetahui jumlah shutter count kamera yang ingin Anda beli, setidaknya Anda telah meminimalkan resiko karena Anda akan mengetahui sampai kapankah kamera second atau bekas itu bisa bekerja dengan baik , agar saat Anda menawar harga di kamera tersebut dengan lebih teliti.

2. Kondisi Kamera

Anda bisa mengetahui sampai kapan kamera Anda bekerja dengan baik. Kamera adalah benda elektronik yang suatu saat pasti akan mengalami kerusakan karena keterbatasan usai.

Shutter count pada kamera sama halnya dengan berapa hitungan kilometer yang ada pada kendaaraan mobil/motor yang terus berjalan pada saat digunakan.

Kerja pada mekanisme kamera sama seperti barang lainnya ketika mencapai di shutter count tertentu besar kemungkinan kinerja kamera akan mengalami gangguan (rusak). Catatan : pada saat Anda menakan tombol shutter, maka beberapa fungsi mekanis dari kamera akan bekerja sampai kamera dapat menghasilkan sebuah gambar atau foto.

Fungsi-fungsi inilah yang tersusun dari komponen yang cukup ringkih dan pasti nya memiliki batasan umur pemakaian.

Standar ukuran shutter count di kamera DSLR yang baik adalah mencapai sekitar 100 ribu, secara total Anda bisa menghasilkan 1000 forto dari kamera DSLR Anda tanpa mengalami kerusakan mekanis.

Namun ada juga beberapa kamera kelas atas yang mampu mencapai sekitar 200 ribu shutter count tanpa mengalami kerusakan mekanis.

Itulah artikel seputar cara cek shutter count canon DSLR ada banyak cara yang bisa Anda gunakan. Semoga bermanfaat.

 

(kctapp.com)

 


Artikel seputar fotografi lainnya, cek juga :

Leave a Comment