Fotografi Kucing

Fotografi Kucing – Siapa yang tidak suka dengan kucing ? hewan lucu yang sangat menggemaskan ini termasuk hewan peliharaan yang banyak orang pelihara. Pada artikel ini admin ingin berbagi tips cara memotret kucing dengan ekspresi yang lucu dan cara setting pencahayaannya agar terlihat lebih keren.

 

Sebagai fotografi hewan khususnya kucing, kalian harus bisa membawa kucing agar tetap nyaman pada kalian walaupun biasanya kucing akan gelisah jika ada orang asing atau kedatangan orang baru. Jadi hal pertama yang harus dilakukan ialah menciptakan lingkungan yang tentram dengan segala persiapan agar sikucing tersebut merasa nyaman.

Tips Fotografi Kucing Agar Mendapatkan Hasil Yang Bagus

1. Menggunakan Tripod

 

Pada saat memotret kucing, alangkah baiknya menggunakan satu tangan atau tripod dan tangan yang satunya digunakan untuk menarik perhatian si kucing. Gunakan lensa prima yang cerah dengna bukaan lensa yang cukup besar. Setting aperture sekitar f/4 hingga f/5.6 agar mendapatkan hasil foto yang lebih fokus dan tidak blur.

2. Fokus Pada Bagian Wajah Kucing

 

Pastikan memfokuskan kamera kebagian wajah atau mata kucing karena mata kucing cenderung mudah menitikan air mata dan biasanya ada kotoran yang menempel di sekitar wajah kucing. Sebelum kalian membidik nya usahakan dibersihkan terlebih dahulu menggunakan tisu basah agar kotoran yang ada diwajah menghilang.

Kucing yang memiliki mata yang besar merupakan jenis kucing yang eksotis, mudah menitikan air mata, sehingga bulu yang ada disekitar wajah cenderung lembab.

3. Ciptakan Tempat yang Nyaman

 

Agar kalian mendapatkan hasil foto kucing dengan mimik wajah yang lucu, buatlah lingkungan yang membuat mereka nyaman. Pada umumnya kucing tidak menyukai tempat yang bisa membuat kuku atau cakarnya menggelincir, Jadi dianjurkan untuk meletakan benda seperti sehelai kain pada bagian permukaan yang licin. Agar si kucing bisa mencengkramnya dengan kuat.

Atau lebih bagus lagi kalian menyiapkan tempat seperti tas atau handuk untuk si kucing merangkak atau bermain di dalamnya. Kucing akan merasa nyaman karena ada tempat bersembunyi tersebut.

4. Gunakan Flash atau Cahaya Tambahan Untuk Membuat Matanya Berkilau

 

Cahaya yang terpantul dari mata si kucing membuat nya terlihat lebih hidup, kalian bisa gunakan flash monoblock (lampu kilat monoblock) dan memantulkan cahaya tersebut dari payung agar dapat menghadirkan cahaya tangkapan dalam foto.
Catatan : Jangan sampai cahaya tersebut langsung menyorot mata si kucing pastikan selalu mambaurkan cahayanya. Jika tidak ada flash monoblock kalian juga bisa menggunakan flash external biasa seperti flash yongnuo yn-560 atau speedlite yang tidak memerlukan kabel.
Itulah beberapa tips fotografi kucing yang bisa kalian coba agar mendapatkan hasil foto yang bagus dan lucu. Semoga bermanfaat.

Artikel seputar fotografi lainnya, cek juga :

Leave a Comment