Penyebab Kamera Canon Busy

Penyebab Kamera Canon Busy –  Ketika Anda sedang asyik memotret lalu tiba-tiba kamera muncul keterangan busy. lantas kenapa itu bisa terjadi ? pada kesempatan kali ini Bangabdul ingin sedikit menjelaskan penyebab kamera canon busy dan bagaimana cara memperbaikinya.

Anda mungkin pernah mengalami pada saat ingin melakukan foto lalu ada keterangan busy pada kamera. Tanda “Busy” itu diberikan biasanya saat kita ingin melakukan foto.

Kemungkinan ini terjadi karena buffer memory kamera sudah penuh, misalnya sesaat sebelumnya digunakan untuk foto berturut-turut.

Bisa juga terjadi pada saat menggunakan built-in flash di tempat yang minim cahaya.

Saat itu, flash mengeluarkan banyak tenaga sekali foto, sehingga kamera membutuhkan waktu yang cukup banyak untuk menarik daya dari baterai sampai siap kembali untuk memotret.

Penyebab Kamera Canon Busy Dan Cara Mengatasinya

Kamera mahal tidak menjamin benda itu tidak akan rusak selamanya , benda tersebut merupakan benda elektronik yang suatu saat pasti bisa saja rusak, mengalami gangguan ataupun masalah tertentu. Apalagi kamera DSLR kamera yang mempunyai banyak sekali komponen didalamnya.

Berikut saya jabarkan masalah pada kamera DSLR yang sering terjadi dan muncul keterangan busy pada saat ingin memotret, simak selengkapnya dibawah ini :

1. Mengganti Memory card Dengan Kecepatan Tinggi

Solusi untuk masalah yang pertama adalah dengan cara menggunakan memory card yang berkecepatan tinggi, atau kalau sering digunakan untuk foto berturut-turut , maka sebaiknya mengganti kamera yang lebih professional yang memiliki buffer lebih lapang.

2. Menggunakan Flash External

Solusi untuk masalah yang kedua yaitu pada Flash, adalah dengan menggunakan flash external yang memiliki baterai sendiri, atau bisa menaikkan ISO sehingga flash tidak bekerja terlalu keras. Akibatnya Waktu untuk daur ulang tenaga bisa menjadi lebih cepat.

3. Sensor Kamera Kotor

Membersihkan kamera itu sangatlah penting, kamera yang kotor dan berdebu bisa menyebabkan kamera menjadi rusak atau bahkan bisa mati.

Apalagi kotor di bagian sensor kamera, bagian komponen yang paling penting pada kamera ini jangan sampai berdebu atau kotor. Banyak teman teman fotografi menanyakan bagaimana debu bisa masuk kedalam sensor sedangkan sensor sudah di tutupi oleh lensa ?

Debu masuk atau menempel saat anda memutar lensa untuk perbesaran dan focusing. Ketika lensa diputar itulah debu menempel pada lensa dan bisa saja tersedot lalu jatuh ke sensor kamera.

Memang debu yang tidak terlalu parah tidak akan mengganggu kinerja kamera dan efeknya tidak akan tidak akan terlihat pada hasil foto. Namun jika debu pada sensor sudah terlalu ekstrim makan nanti nya akan menghasilkan gangguan di foto Anda.

Untuk mengatasi masalah ini sebaiknya teman-teman datang ke service center kamera untuk membersihkannya karena jika kita lakukan sendiri rawan akan terjadi scratch pada sensor Anda.

Jika masih belum bisa juga menggunakan solusi diatas untuk menghilangkan tanda “BUSY” sebaiknya kamera tersebut di bawa ke pusat service, karena kemungkinan komponen di kamera tersebut ada yang rusak dan perlu diganti.

Demikian artikel seputar penyebab kamera canon busy dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.

 

Referensi :

  • https://fotografer.net/forum/topik/2009-07-08-help-eos-1000d-quot-busy-quot-tiap-kali-dihidupkan

 

Artikel seputar fotografi lainnya, cek juga :

Leave a Comment